“semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, 
barang,atau jasa secara nonpersonal yang dibayar oleh sponsor tertentu…”
 Secara umum,iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang 
suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan 
kompensasi biaya tertentu. Dengandemikian, iklan merupakan suatu proses 
komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk 
mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak  pembuat iklan. (www.nu.or.id)
Iklan Adalah Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan 
melalui suatumedia, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta 
ditujukan kepada sebagian atauseluruh masyarakat. Sumber (www.pppi.or.id)
Fungsi Iklan:
- Memberitahukan kepada masyarakat akan produk yang dijual ke pasar, agar masyarakat berminat pada produk tersebut.
 - Membujuk masyarakat supaya mau mebeli produk tersebut.
 - Membangun kesadaran konsumen terhadap produk.
 - Mengingatkan kembali konsumen kepada produk yang dijual ke pasaran, supaya produk tersebut lekaty di ingatan konsumen.
 - Menarik hati konsumen produk perusahaan pesaing.
 
Iklan Televisi
Sesuai karakteristiknya iklan televisi mengandung unsur suara, 
gambar, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah 
menarik perhatian dan impresif
Berdasarkan bentuknya iklan televisi dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:
Live Action – Video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama 
Animation – Iklan yang dibangun berdasarkan gambar-gambar 
kartun (baik dua maupun tiga dimensi) baik gambar kartun yang digambar 
dengan ketrampilan tangan maupun animasi komputer 
Stop Action – Iklan televisi yang berbentuk perpaduan antara
 live action dan teknik animasi sehingga memberikan efek dramatik iklan,
 dimana ilustrasi yang rumit dapat digambarkan dengan baik dan menarik 
Musik – Disampaikan melalui musik sebagai media penyampai 
pesan. Artinya pesan iklan dikemas dalam sebuah alunan musik sebagai 
kekuatan utama pesan iklan
Superimposed – Iklan televisi dalam bentuk gambar iklan yang
 diperlihatkan di atas gambar lain, dalam hal ini gambar yang muncul 
biasanya diperlihatkan di ujung layar sementara siaran te;evisi tetap 
berlangsung
Sponsor Program – Iklan televisi dimana pihak pengiklan atau
 sponsor membiayai program acara televisi tertentu dan sebagai 
imbalannya ia dapat menyampaikan pesan iklan dengan lebih mendominasi.
Running Text – Iklan televisi dimana pesan diperlihatkan 
muncul masuk secara perlahan bergerak dari kanan masuk pada layar lalu 
menghilang pada sebelah kiri layar
Caption – Iklan televisi yang menyerupai superimpose, hanya 
saja pesan yang digunakan hanya berupa tulisan. Biasanya digunakan untuk
 mendukung iklan property endorsement
Backdrop - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada latar belakang acara yang diadakan.
Credit Title – Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada bagian akhir ketika sebuah acara sudah selesai
Ad lib – Iklan televisi dimana pesan disampaikan dan 
diucapkan oleh penyiar secara langsung, baik diantara satu acara dengan 
acara yang lain maupun disampaikan oleh pembawa program acara tertentu
Property Endorsement – Iklan ini berbentuk dukungan sponsor 
yang diperlihatkan pada berbagai hal yang digunakan sebagai kelengkapan 
properti siaran maupun berbagai hal yang dikenakan oleh artis atau 
penyiar (soft campaign)
Promo ad - Iklan yang dilakukan oleh pengelola televisi 
untuk mempromosikan acara-acaranya, dengan harapan pemirsa tertarik 
menonton acara yang ditayangkan, sehingga program acara tersebut 
mendapatkan jumlah pemirsa yang cukup banyak.
Nama : Minyak Goreng Fortune 2 L pouch
Merek : Fortune
Tipe : Minyak goreng
Satuan kemasan : Per pieces
Isi per kemasan : 1 pcs
Informasi isi
A.Dimensi : -
B.Berat : 2 liter
C.Warna : Kuning keemasan
Informasi tambahan
Takaran saji/kemasan : +/- 128, lemak total 14 g, lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh tunggal (omega 9) 6 g, lemak tak jenuh ganda (omega 6) 1,5 g, energi total 120 kkal, energi dari lemak 120 kkal
 
 
Nama : Minyak Goreng Fortune 2 L pouch
Merek : Fortune
Tipe : Minyak goreng
Satuan kemasan : Per pieces
Isi per kemasan : 1 pcs
Informasi isi
A.Dimensi : -
B.Berat : 2 liter
C.Warna : Kuning keemasan
Informasi tambahan
Takaran saji/kemasan : +/- 128, lemak total 14 g, lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh tunggal (omega 9) 6 g, lemak tak jenuh ganda (omega 6) 1,5 g, energi total 120 kkal, energi dari lemak 120 kkal
 
ANALISIS
Fortune adalah salah satu produk minyak goreng di Indonesia, perusahaan yang memproduksinya adalah wilmar group (http://www.wilmar-international.com/). Sebenarnya ada dua produk minyak goreng unggulan Wilmar Group, yaitu Sania dan Fortune. Akan tetapi dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang iklan dari minyak goreng fortune.
Iklan minyak goreng fortune yang disiarkan di televisi beberapa waktu lalu, dalam iklan tersebut menampilkan Ikan yang sedang di goreng di minyak yang panas masih hidup dan berenang di penggorengan tersebut. Menurut saya iklan ini terlalu berlebihan, walaupun bagi sebagian orang iklan ini terlihat lucu. 
Dalam menginformasikan sebuah produk ke konsumen alangkah baiknya Wilmar Group tidak terlalu menyesatkan konsumen. Dari iklan tersebut bisa saja jika anak kecil yang masih dibawah umur mencoba hal seperti iklan itu, contohnya mencelupkan tangan ke minyak yang panas, karena iklan fortune di televisi memperlihatkan ikan yang digoreng masih bisa hidup dan berenang di penggorengan. Kasus yang saya sebutkan mungkin saja terjadi, dan alangkah baiknya iklan fortune itu diperbaiki cara penyampaiannya.      
Tidak ada komentar:
Posting Komentar