“semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide,
barang,atau jasa secara nonpersonal yang dibayar oleh sponsor tertentu…”
Secara umum,iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang
suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan
kompensasi biaya tertentu. Dengandemikian, iklan merupakan suatu proses
komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk
mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. (www.nu.or.id)
Iklan Adalah Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan
melalui suatumedia, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta
ditujukan kepada sebagian atauseluruh masyarakat. Sumber (www.pppi.or.id)
Fungsi Iklan:
- Memberitahukan kepada masyarakat akan produk yang dijual ke pasar, agar masyarakat berminat pada produk tersebut.
- Membujuk masyarakat supaya mau mebeli produk tersebut.
- Membangun kesadaran konsumen terhadap produk.
- Mengingatkan kembali konsumen kepada produk yang dijual ke pasaran, supaya produk tersebut lekaty di ingatan konsumen.
- Menarik hati konsumen produk perusahaan pesaing.
Iklan Televisi
Sesuai karakteristiknya iklan televisi mengandung unsur suara,
gambar, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah
menarik perhatian dan impresif
Berdasarkan bentuknya iklan televisi dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:
Live Action – Video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama
Animation – Iklan yang dibangun berdasarkan gambar-gambar
kartun (baik dua maupun tiga dimensi) baik gambar kartun yang digambar
dengan ketrampilan tangan maupun animasi komputer
Stop Action – Iklan televisi yang berbentuk perpaduan antara
live action dan teknik animasi sehingga memberikan efek dramatik iklan,
dimana ilustrasi yang rumit dapat digambarkan dengan baik dan menarik
Musik – Disampaikan melalui musik sebagai media penyampai
pesan. Artinya pesan iklan dikemas dalam sebuah alunan musik sebagai
kekuatan utama pesan iklan
Superimposed – Iklan televisi dalam bentuk gambar iklan yang
diperlihatkan di atas gambar lain, dalam hal ini gambar yang muncul
biasanya diperlihatkan di ujung layar sementara siaran te;evisi tetap
berlangsung
Sponsor Program – Iklan televisi dimana pihak pengiklan atau
sponsor membiayai program acara televisi tertentu dan sebagai
imbalannya ia dapat menyampaikan pesan iklan dengan lebih mendominasi.
Running Text – Iklan televisi dimana pesan diperlihatkan
muncul masuk secara perlahan bergerak dari kanan masuk pada layar lalu
menghilang pada sebelah kiri layar
Caption – Iklan televisi yang menyerupai superimpose, hanya
saja pesan yang digunakan hanya berupa tulisan. Biasanya digunakan untuk
mendukung iklan property endorsement
Backdrop - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada latar belakang acara yang diadakan.
Credit Title – Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada bagian akhir ketika sebuah acara sudah selesai
Ad lib – Iklan televisi dimana pesan disampaikan dan
diucapkan oleh penyiar secara langsung, baik diantara satu acara dengan
acara yang lain maupun disampaikan oleh pembawa program acara tertentu
Property Endorsement – Iklan ini berbentuk dukungan sponsor
yang diperlihatkan pada berbagai hal yang digunakan sebagai kelengkapan
properti siaran maupun berbagai hal yang dikenakan oleh artis atau
penyiar (soft campaign)
Promo ad - Iklan yang dilakukan oleh pengelola televisi
untuk mempromosikan acara-acaranya, dengan harapan pemirsa tertarik
menonton acara yang ditayangkan, sehingga program acara tersebut
mendapatkan jumlah pemirsa yang cukup banyak.
Nama : Minyak Goreng Fortune 2 L pouch
Merek : Fortune
Tipe : Minyak goreng
Satuan kemasan : Per pieces
Isi per kemasan : 1 pcs
Informasi isi
A.Dimensi : -
B.Berat : 2 liter
C.Warna : Kuning keemasan
Informasi tambahan
Takaran saji/kemasan : +/- 128, lemak total 14 g, lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh tunggal (omega 9) 6 g, lemak tak jenuh ganda (omega 6) 1,5 g, energi total 120 kkal, energi dari lemak 120 kkal
Nama : Minyak Goreng Fortune 2 L pouch
Merek : Fortune
Tipe : Minyak goreng
Satuan kemasan : Per pieces
Isi per kemasan : 1 pcs
Informasi isi
A.Dimensi : -
B.Berat : 2 liter
C.Warna : Kuning keemasan
Informasi tambahan
Takaran saji/kemasan : +/- 128, lemak total 14 g, lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh tunggal (omega 9) 6 g, lemak tak jenuh ganda (omega 6) 1,5 g, energi total 120 kkal, energi dari lemak 120 kkal
ANALISIS
Fortune adalah salah satu produk minyak goreng di Indonesia, perusahaan yang memproduksinya adalah wilmar group (http://www.wilmar-international.com/). Sebenarnya ada dua produk minyak goreng unggulan Wilmar Group, yaitu Sania dan Fortune. Akan tetapi dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang iklan dari minyak goreng fortune.
Iklan minyak goreng fortune yang disiarkan di televisi beberapa waktu lalu, dalam iklan tersebut menampilkan Ikan yang sedang di goreng di minyak yang panas masih hidup dan berenang di penggorengan tersebut. Menurut saya iklan ini terlalu berlebihan, walaupun bagi sebagian orang iklan ini terlihat lucu.
Dalam menginformasikan sebuah produk ke konsumen alangkah baiknya Wilmar Group tidak terlalu menyesatkan konsumen. Dari iklan tersebut bisa saja jika anak kecil yang masih dibawah umur mencoba hal seperti iklan itu, contohnya mencelupkan tangan ke minyak yang panas, karena iklan fortune di televisi memperlihatkan ikan yang digoreng masih bisa hidup dan berenang di penggorengan. Kasus yang saya sebutkan mungkin saja terjadi, dan alangkah baiknya iklan fortune itu diperbaiki cara penyampaiannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar