Minggu, 12 Januari 2014

Perilaku konsumen terhadap suatu produk

1.Apa yang mempengaruhi dan alasan anda dalam memutuskan untuk membeli suatu barang?

Banyak keputusan pembelian hanya melibatkan satu pengambilan keputusan dan keinginan untuk membeli timbul setelah konsumen merasa tertarik dan ingin memakai produk yang dilihatnya, menurut Howard dan Shay (dalam Basu Swastha Darmmesta,1998) mengatakan bahwa proses membeli(buying intention) akan melewati lima tahapan, yaitu :
1. Pemenuhan kebutuhan ( need )
2. Pemahaman kebutuhan ( recognition )
3. Proses mencari barang ( search )
4. Proses evaluasi ( evaluation )
5. Pengambilan keputusan prmbelian ( decision )
PRODUK: 
Salah satu yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian adalah produk itu sendiri. Konsumen akan menyukai dan memilih produk yang menawarkan kualitas, kinerja dan pelengkap inovatif yang terbaik ( Hadi, 2002 ). Produk yang berkualitas adalah produk yang mampu memberikan hasil yang lebih dari hasil yang diharapkan.
HARGA:
Valerie Zeithaml (1998) mengatakan bahwa menurut sudut pandang konsumen, harga adalah sesuatu diberikan atau dikorbankan untuk memperoleh suatu produk. Alasan ekonomis akan menunjukkan bahwa harga yang rendah atau harga yang selalu berkompetisi merupakan salah satu pemicu penting untuk meningkatkan kinerja pemasaran, tetapi alasan psikologis dapat menunjukkan bahwa harga justru merupakan indikator kualitas dan karena itu dirancang sebagai salah satu instrumen
penjualan sekaligus sebagai instrumen kompetisi yang menentukan.
FAKTOR SOSIAL:
a. Group
b. Family influence
c. Roles and status

FAKTOR PERSONAL:
a. Economic situation
b. Lifestyle
c. Personality and Self concept
d. Age and Life Cycle Stage
e. Occupation

FAKTOR PSYCHOLOGICAL:
a. Motivation
b. Perception
c. Learning
d. Beliefs and attitude

FAKTOR CULTURAL:
a. Subculture
b. Sosial Class

2. Bagaimana pendapat anda dengan terhadap perilaku konsumen di jabodetabek khususnya kota Depok?

Menurut saya perilaku konsumen di jabodetabek khususnya Depok itu setiap konsumen jika ingin membeli suatu produk mereka pasti lebih teliti dan biasanya dipengaruhi oleh iklan atau teman di sekitarnya. Dan untuk harga yang lebih penting jika harga murah pasti banyak dicari apabila mahal tapi harus didukung dengan good quality itu juga tidak dijadikan masalah asalkan mereka suka dan tertarik.

Nama: Isnia Eka Puteri
Npm :  13211741
Kelas :  3EA11





Tidak ada komentar:

Posting Komentar